Jumat, 28 Oktober 2016

laporan prakerin



LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
DI KSP BHINA RAHARJA



Tanggal 2 Mei 2016 – 13 Agustus 2016
Laporan ini dibuat sebagai salah satu syarat telah mengikuti Prakerin


Disusun oleh  :
Nama                            : SITI ROHMAWATI
NIS                                : 4436
Kelas                            : XII
Kompetensi Keahlian : AKUNTANSI






LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SMK NU LASEM
PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI
2016







LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI KSP BHINA RAHARJA


Tanggal 2 Mei 2016 – 13 Agustus 2016



                                                                                    Lasem, 13 Agustus 2016
     Pembimbing DU/DI                                                         PembimbingSekolah                                                                                                                                                                                          

    YENI FARIKHA, S.Pd                                                          SRI WINARTI,S.Pd




         Mengetahui,                                                                      Mengetahui,
Pimpinan KSP BHINA RAHARJA                                          Kepala Sekolah
      Cabang Pamotan                                                            SMK NU Lasem


AN SURIPTO                                                                  ARIF DIMYATI,S.Ag




KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas kehadirat  Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-NYA kepada penulis. Sehingga penulisan Laporan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di KSP BHINA RAHARJA dapat terselesaikan dengan baik. Laporan ini dapat terselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari semua pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu dalam penyelesaian laporan ini, terutama kepada:
1.            Bapak Arif Dimyati, S.Ag, selaku Kepala Sekolah SMK NU Lasem
2.            Bapak AN. Suripto, selaku Pimpinan DU/DI
3.            Ibu Yeni Farikha, S.Pd, selaku Pembimbing DU/DI
4.            Ibu Sri Winarti, S.Pd, selaku Pembimbing Sekolah
5.            Bapak/Ibu Guru SMK NU Lasem yang telah membimbing kami
6.            Seluruh Staf karyawan dan karyawati SMK NU Lasem
7.    Seluruh Staf karyawan dan karyawati KSP BHINA RAHARJA yang telah membimbing kami

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat penulis harapkan. Mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
                                                                       



         Rembang,13 Agustus 2016




        Siti Rohmawati
 





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN ............................................................................. ii
KATA PENGANTAR ...................................................................................... iii
DAFTAR ISI .................................................................................................... iv
BAB I. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang ................................................................................. 1
1.2. Tujuan Pelaksanaan Prakerin ......................................................... 1
1.3. Tujuan Pembuatan Laporan Prakerin ............................................ 2
BAB II. PROFIL PERUSAHAAN
2.1. Sejarah Perusahaan ........................................................................ 3
2.2. Visi dan Misi Perusahaan ............................................................... 3
2.3. Struktur Organisasi .......................................................................... 4
BAB III. PROSES PELAKSANAAN
3.1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan .................................................... 5
3.2. Alat dan Bahan ................................................................................. 5
3.3. Gambar Kerja ................................................................................... 6
3.4. Proses Pengerjaan .......................................................................... 7
3.5. Implementasi Keselamatan Kerja ................................................. 11
3.6. Hasil yang dicapai .......................................................................... 11
BAB IV HASIL ANALISA
4.1. Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan Penghambat) ............ 12
4.2. Manfaat yang dirasakan ................................................................ 12
4.3. Pengembangan/Tindak Lanjut ...................................................... 12
BAB V PENUTUP
5.1. Kesimpulan ..................................................................................... 13
5.2. Saran ............................................................................................... 13
LAMPIRAN-LAMPIRAN 


BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu Sub Sistem Pendidikan Nasional, memiliki kedudukan sangat penting dalam fungsi menyiapkan tenaga kerja yang terampil untuk menunjang system pendidikan nasional. Upaya penyiapan tenaga kerja yang terampil sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, didekati melalui kebijakan “link and match” adalah penyelenggaraan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin).
Pada dasarnya Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan penyelenggaraan yang mengintegrasikan secara tersistem pendidikan dunia usaha dan industry.
Pengintegrasian kegiatan pendidikan ini akan menghilangkan perbedaan stadar nilai sekolah dan dunia kerja serta sekaligus mendekatkan supply dan demand ketenaga kerjaan.

1.2   Tujuan Pelaksanaan Prakerin
Prakerin pada dasarnya merupakan kegiatan intrakurikuler, harus dilaksanakan oleh setiap peserta prakerin secara individu. Dengan pengaturan organisasian pola penyelenggaraan pendidikan SMK perlu membentuk proses kegiatan atau seluruh komponen keahlian dan kejuruan dalam bentuk latihan kerja di dunia kerja.
   Adapun tujuan dari keterlaksanaan kegiatan praktik kerja industry (prakerin) adalah sebagai berikut :
1.    Meningkatkan pemahaman dan pemantapan serta mengembangkan teori peserta prakerin yang di dapat di sekolah dan menerapkan di dunia usaha.
2.    Meningkatkan keterampilan berupa penguasaan kemampuan profesional kejuruan peserta prakerin.



1.3   Tujuan Pembuatan Laporan Prakerin
Adapun tujuan pembuatan laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini adalah:
1.                Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan atau pengalaman dalam bentuk tulisan tersusun secara sistematik atau kronologi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.                Peserta didik mampu mencari alternative pemecahan masalah kejuruan sesuai dengan program studinya yang terungkap dalam laporan tertulis.
3.                Memberikan informasi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dari Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI) ke sekolah.
4.                Sebagai bahan pertanggung jawaban bahwa telah melaksanakan Praktik Kerja Industri ( Prakerin).



  


BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1     Sejarah Perusahaan
KSP.Bhina Raharja terbentuk dari sebuah rapat kecil perkumpulan beberapa pengusaha kerajinan gerabah di kelurahan Sidowayah Kab. Rembang, rapat pembentukan ini berlangsung di kantor kelurahan dan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 1994. yang dihadiri beberapa calon anggota yang sebelumnya sudah terbentuk pra koperasi dari beberapa pengusaha di daerah setempat.
KSP Bhina Raharja merupakan Koperasi yang bergerak di bidang usaha Simpan Pinjam yang berdiri sejak tahun 1994, dan telah memperoleh persetujuan Badan Hukum Nasional, dengan nomor Badan Hukum 12198/BH/VI/1994.
Wilayah Keanggotaan KSP Bhina Raharja yang semula hanya di wilayah Propinsi Jawa Tengah, berkembang wilayah pelayananya yang meliputi Propinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Yogyakarta. Koperasi Simpan Pinjam Bhina Raharja telah berhasil mendapatkan kepercayaan dari anggota pada khususnya dan masyrakat pada umumnya dalam pengelolaan usaha simpan pinjam.Hal ini terbukti dari jumlah asset koperasi, permodalan koperasi, anggota maupun calon anggota yang dilayani mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun.Kondisi tersebut memacu kinerja pengurus maupun pengelola untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi anggota dan masyarakat.
KSP. BHINA RAHARJA memiliki makna yang sangat luas yaitu Bhina yang artinya membina,menolong dan mencerdaskan,sedangkan Raharja artinya Kebahagiaan.

2.2     Visi dan Misi Perusahaan
            2.2.1     VISI
KSP Bhina Raharja Pamotan memiliki Visi sebagai berikut:
KSP Bhina Raharja sebagai Koperasi yang Mandiri, Profesional dan Terpercaya


2.2.2     MISI
Misi KSP Bhina Raharja Pamotan adalah
1.    Meningkatkan kwalitas pelayanan untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur dan sejahtera
2.    Mensejahterakan Anggota dan Masyarakat
3.    Mengurangi pengangguran produktif dengan membuka lapangan kerja
4.    Bermanfaat di masyarakat dan di segala bidang.








BAB III
PROSES PELAKSANAAN

3.1  Waktu dan Tempat Pelaksanaan
      Saya  melaksanakan PRAKERIN di KSP BHINA RAHARJA CABANG PAMOTAN Jl. Raya Jatirogo – Pamotan (Depan Polsek Pamotan),Rembang-Jawa Tengah,yang dimulai pada tanggal 2 Mei 2016 – 13 Agustus 2016,saya melaksanakan kegiatan prakerin sesuai peraturan yang berlaku di  KSP BHINA RAHARJA. Adapun jadwal kegiatan jam kerja, sebagai berikut:

HARI
ABSENSI KERJA
DATANG
PULANG
SENIN
07.30
15.30
SELASA
07.30
15.30
RABU
07.30
15.30
KAMIS
07.30
15.30
JUM'AT
07.30
15.30
SABTU
07.30
15.30

3.2  Alat dan Bahan

ALAT
BAHAN
Buku
Slip (Angsuran pokok, Realisasi pinjaman, Tunai,Kasbon)
Komputer
Kertas HVS
Printer           
Label
Kamera
Sampul Jaminan
Kalkulator     
Materai
Kwitansi
Brosur Produk
Alat Tulis
Amplop
Lem
Kartu Angsuran
Stempel
Tinta
Flashdisk

                       
3.3 Gambar Kerja

KSP. BHINA RAHARJA memiliki dua pelayanan yaitu Angsuran Mingguan dan Bulanan.
Gambar kerja pelayanan pinjaman unit mingguan yaitu:

Pengajuan Kredit

Survei Tempat Lokasi Usaha

Pencairan Kredit

Pembayaran Angsuran


1. Pelayanan mingguan yaitu PDL (Petugas Dinas Lapangan) akan datang ke rumah setiap anggota untuk memberikan pinjaman ataupun pelayanan angsuran,kemudian dari data angsuran atau pinjaman akan dimasukan ke buku angsuran sesuai dengan nama anggota yang mengangsur kemudian dari data angsuran ditulis dalam buku piutang (Angsuran pokok), kemudian piutang (Angsuran pokok) tersebut diberikan ke bagian rekap lalu PDL (Petugas Dinas Lapangan) akan menerima slip tunai dari bagian rekap,kemudian PDL (Petugas Dinas Lapangan) akan menyetorkan sejumlah uang yang tercantum di slip  tunai kepada  kasir mingguan.


Gambar kerja pelayanan pinjaman unit bulanan yaitu:

Pengajuan Kredit

Analisis Kredit

Evaluasi Kredit

Negosiasi Kredit

Pemberian Putusan Kredit

Penyimpanan Dokumen

Proses pencairan Kredit

Pengarsipan Dokumen

Penyimpanan Jaminan

Pembayaran Angsuran

Pelunasan pinjaman


2. Pelayanan Bulanan yaitu anggota datang ke kantor dan membawa jaminan pinjaman,lalu jaminan tersebut diajukan kepada petugas untuk di acc,setelah di acc jika anggota setuju dengan hasil acc,calon anggota harus melengkapi persyaratan utang,jika persyaratan sudah lengkap kemudian pengajuan tersebut diproses sampai dengan pencairan di kasir bulanan.


3.1.         Proses Pengerjaan
     KSP. BHINA RAHARJA memiliki dua pelayanan yaitu Angsuran Mingguan dan Bulanan.
3.4.1  Pelayanan pinjaman Mingguan KSP BHINA RAHARJA sebagai berikut:
a.  Pengajuan Kredit
Pelayanan Mingguan yaitu PDL (Petugas Dinas Lapangan) datang ke rumah anggota untuk mencari anggota baru dengan cara menawarkan pinjaman kepada calon anggota, jika calon anggota tersebut mau menerima tawaran tersebut,kemudian PDL (Petugas Dinas Lapangan) menjelaskan persyaratan untuk menjadi anggota.
b.  Survei Tempat Lokasi Usaha
Calon anggota melengkapi persyaratan dan memberikan jaminan pinjaman kepada PDL (Petugas Dinas Lapangan) menyurvei usaha yang dijalankan oleh peminjam.
c.  Pencairan Kredit
Apabila persyaratan sudah lengkap, pinjaman dapat langsung dicairkan (realisasi pinjaman), kemudian data anggota tersebut ditulis pada promise, kemudian data promise tersebut ditulis pada buku taxasi.
d.  Pembayaran Angsuran
Dalam pemberian pelayanan angsuran, PDL (Petugas Dinas Lapangan) akan mendatangi rumah anggota yang akan mengangsur,kemudian data angsuran dari setiap anggota yang mengangsur lalu dimasukan pada buku angsuran kemudian ditulis ke buku piutang (Angsuran pokok).


e.  Pengarsipan Data Anggota
Dari data piutang (Angsuran pokok) dan promise lalu diberikan ke bagian rekap, kemudian dari data tersebut direkap oleh bagian rekap sampai dengan tunai,kemudian PDL (Petugas Dinas Lapangan) akan menyetorkan sejumlah uang ke kasir mingguan sesuai dengan nominal yang tercantum pada slip tunai tersebut. Promise tadi diberikan ke bagian admin II, promise akan diberi stempel logo,hari/tanggal dan no. pinjaman dan dilengkapi dengan kartu angsuran, untuk anggota baru akan diberi kartu arsip ktp. Dari Admin II baru ke Admin I untuk memasukan tabungan anggota ke buku kwarto dan menulis kembali data dari promise ke kartu angsuran, setelah itu promise tadi diberikan kepada bagian pinjaman untuk ditulis ke computer dan ke buku angsuran masing-masing resort.

3.4.2   Pelayanan pinjaman Bulanan KSP BHINA RAHARJA sebagai berikut:

1.    Pengajuan Kredit

Pelayanan Bulanan yaitu untuk pengajuan pinjaman anggota/calon anggota datang ke kantor dan membawa jaminan dan persyaratan yang telah ditentukan oleh koperasi, anggota/calon anggota mengajukan pinjaman ke bagian informasi pinjaman, biasanya petugas akan menanyakan apa yang digunakan untuk jaminan pinjaman, apakah berupa BPKB/Sertifikat tanah,

2.    Analisis Kredit

kemudian jaminan akan di acc-kan kepada pimpinan bulanan, kemudian petugas menyampaikan hasil acc kepada anggota/calon anggota, jika calon anggota menyetujui hasil dari acc pimpinan, maka petugas akan menunjukkan persyaratan sesuai dengan jaminan pinjaman, apabila yang digunakan untuk jaminan pinjaman adalah BPKB.

Adapun persyaratan pengajuan pinjaman yang menggunakan BPKB :
a.        Membawa BPKB asli.
b.        Membawa STNK.
c.        Membawa KTP Suami-Istri,
d.        Membawa Kartu Keluarga,
e.        Kendaraan di bawa untuk cek fisik
f.         Suami-Istri datang ke kantor untuk menandatangani surat   perjanjian pinjaman.                                                              
Apabila yang digunakan jaminan adalah Sertifikat tanah maka persyaratannya yaitu :
a.        membawa SPPT.
b.        Membawa KK.
c.        Membawa KTP Suami-Istri.
d.        Sertifikat harus nama sendiri.
e.        Suami-Istri datang ke kantor.
untuk sertifikat jika pinjaman lebih dari lima juta akan ada survey ke rumah dan akan dilihat usahanya terlebih dahulu.Biasanya petugas akan memeriksa kelengkapan persyaratan yang diserahkan oleh peminjam, seperti memeriksa kesahan surat tanda kepemilikan, kondisi barang jaminan,tahun pembuatan jaminan dan alamat/domisili anggota/calon anggota.
3.              Evaluasi Kredit
Dalam hal analisis dan evaluasi kredit, pimpinan koordinasi menentukan taksiran nilai jual dari jaminan yang diserahkan oleh peminjam.
4.              Negosiasi Kredit
Selanjutnya petugas akan menyampaikan kepada peminjam mengenai besarnya maksimal kredit yang dapat diberikan.Pihak koperasi telah mempunyai standart tertentu dalam menentukan taksiran jaminan, untuk BPKB taksiran kreditnya berbeda-beda berdasarkan merk kendaraan dan tahun pembuatan kendaraan, sedangakan untuk sertifikat tanah taksiran maksimal sesuai kemampuan koperasi, selain menyampaikan besaran maksimal kredit, petugas juga memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis pinjaman yang ada dan cara pembayaran angsurannya, setelah itu peminjam akan menentukan jumlah kredit yang akan diambil sesuai dengan kebutuhan mereka.
5.              Pemberian Putusan Kredit
Apabila telah ada kesepakatan mengenai besarnya pinjaman dan persyaratan sudah lengkap maka pengajuan akan langsung di proses seperti membuatkan surat perjanjian utang piutang.
6.              Proses pencairan Kredit
jika dokumen pengajuan pinjaman sudah lengkap yang kemudian ditanda tangani kedua belah pihak, dokumen yang dibutuhkan adalah surat perjanjian hutang piutang,surat cek fisik kendaraan bermotor,surat pernyataan,khusus untuk jaminan yang berupa BPKB yang belum atas nama peminjam, sedangkan dokumen pencairan kredit yaitu kwitansi pinjaman dan bukti pinjaman dan jaminan, kemudian dokumen tersebut diberikan kepada bagian kasir untuk pencairan kredit, sebelum pencairan kendaraan dilakukan cek fisik terlebih dahulu, bagian kasir bertugas menandatangani pinjaman dan menyiapkan uang sebesar yang tertera dalam kwitansi tersebut, sebelum pencairan kasir akan menjelaskan mengenai besarnya angsuran,potongan administrasi dan jumlah yang akan diterima oleh peminjam, kemudian kasir akan memberikan uang dan dokumen asli kepada peminjam.
7.              Pengarsipan Dokumen
Kemudian data pinjaman tersebut ditulis dalam daftar distribusi dan buku jaminan anggota dan buku angsuran.
8.              Penyimpanan Jaminan
Untuk penyimpanan jaminan,bagian kasir akan menyimpan jaminan pinjaman ke dalam brangkas koperasi.
9.              Pembayaran Angsuran
Untuk pembayaran angsuran, setiap bulan nasabah harus datang ke kantor untuk membayar angsuran  pinjamannya.
10.           Pelunasan pinjaman
 Untuk pelunasan pinjaman anggota datang ke kantor membawa identitas diri dan membayar sejumlah sisa pinjamannya, kemudian anggota akan menandatangani beberapa buku seperti buku pelunasan,buku jaminan anggota dan slip pelunasan sebagai bukti pelunasan pinjaman dan jaminan pinjaman bisa langsung diberikan.

Kami disini juga diajari bagaimana cara audit keuangan di KSP BHINA RAHARJA, laporan keuangan KSP BHINA RAHARJA terangkum dalam buku tabelaris.Tabelaris adalah Buku rekapan dari semua transaksi setiap bulannya untuk membuat laporan keuangan KSP BHINA RAHARJA per tahun, tabelaris terdiri atas beberapa kolom yaitu :
1.                    Kolom bulan : kolom per bulan dalam satu tahun.
2.      Modal pusat : kolom yang berisi jumlah modal yang diberikan oleh kantor pusat.
  1. Piutang (angsuran pokok) :kolom yang berisi jumlah angsuran dalam sebulan.
  2. Pendapatan ada dua yaitu jasa pinjaman (jasa pinjaman-10%.jasa pinjaman) dan administrasi (1%.jumlah realisasi pinjaman).
5.                    pemupukan modal.
  1. Resiko kredit : kolom yang berisi jumlah resiko kredit yang didapat dari (10%.js. pinjaman)
7.                    SHU : kolom SHU berisikan saldo SHU.
  1. Simpanan ini terdiri dari simapanan pokok,simpanan wajib sukarela dan simpanan hari raya ini untuk simpanan masuk.
9.                    Debet (jumlah dari semua kolom bagian debet).
10.                Modal pusat menutup SHU (rugi).
  1.   Piutang (realisasi): kolom berisi total pinjaman yang diberikan kepada peminjam.
12.                   Ongkos : kolom yang berisi total biaya perawatan gedung,service motor,dll.
  1. Inventaris : kolom yang berisi biaya untuk pembelian barang-barang kantor.
14.                   Sewa dibayar dimuka.
  1. Simpanan,terdiri dari simpanan pokok,simpanan wajib,simpanan sukarela dan simpanan hari raya untuk yang keluar.
16.                   Antar aktiva kantor pusat.
17.                   Pemupukan modal.
  1.  Resiko kredit: kolom berisi total resiko kredit yang didapat dari (10%.js. pinjaman)
19.                   SHU : kolom SHU berisikan saldo SHU.
20.                   Kredit : kolom yang berisi jumlah dari semua kolom bagian kredit.
21.                   Saldo kas : kolom yang berisi total kas yang masih.

3.2.      Implementasi Keselamatan Kerja
            KSP BHINA RAHARJA memberikan jaminan keselamatan kerja berupa BPJS Ketenaga kerjaan.

3.3.      Hasil yang dicapai
            Selama kurang lebih tiga bulan saya Pkl di Bhina Raharja banyak sekali yang saya dapat selain bertambahnya ilmu, saya juga tahu apa arti toleransi,bekerjasama dan saling menghargai,saya juga lebih merasa parcaya diri,berani dan yang terpenting adalah jujur,karena kejujuran sangat dibutuhkan dalam suatu pekerjaan.

BAB IV
HASIL ANALISA
4.1                Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan Penghambat)
Keterlaksanaan Prakerin ini didukung dengan komunikasi yang lancar dan baik dari pihak DU/DI dengan anak pkl, DU/DI pun  tidak membedakan anak pkl yang satu dengan yang lainnya, kami sebagai anak pkl sangat senang karena seluruh keluarga besar KSP Bhina Raharja cabang Pamotan menerima kami dengan baik, sehingga kami bisa melaksanakan kegiatan prakerin dengan baik, dan sedangkan yang menjadi penghambat kami pkl di KSP BHINA RAHARJA cabang pamotan yaitu kami tidak bisa terjun langsung ke rumah anggota peminjam di Bhina Raharja, karena di Bhina Raharja cabang pamotan ini bagian penagihan dinas lapangan itu laki-laki dan perempuan hanya di bagian kantor.
1.2.     Manfaat yang dirasakan
Atas bimbingan dari pimpinan dan pembimbing DU/DI saya merasa lebih berani dan percaya diri dan bisa bersosialisasi dengan orang banyak, karyawan-karyawati membantu saya untuk mendapatkan ilmu yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya.Disini saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa
1.3.      Pengembangan/Tindak Lanjut
DU/DI menginginkan kami lebih percaya diri dan berani, maka DU/DI meminta kami untuk menjadi seorang motivator pada rutinitas do’a pagi setiap harinya, karena bimbingan DU/DI kami pun bisa mengikutinya dan hasilnya kami menjadi lebih baik dari sebelumnya.




BAB V
PENUTUP
5.1    Kesimpulan
Dari pengalaman Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang saya laksanakan di KSP BHINA RAHARJA selama kurang lebih 3 bulan dapat diambil kesimpulan:
a.  Dengan adanya Praktek Kerja Industri ini, para peserta PRAKERIN cukup banyak mendapat informasi dengan pengalaman khususnya mengenai laporan keuangan sehinggga menambah motivasi bagi peserta prakerin dalam memperdalam ilmu tentang Akuntansi (Laporan Keuangan).
b.   Setelah pelaksanaan PRAKERIN ini dapat disimpulkan antara teori yang dapat di sekolah dengan praktek kerja di dunia usaha memiliki banyak perbedaan. Teori lebih sulit jika dibandingkan dengan praktek secara langsung.
c.   Keberhasilan pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini sangat dibutuhkan oleh para siswa/siswi agar bisa mengikuti salah satu syarat untuk menempuh UAS/UAN. Dengan dibuatnya laporan PRAKERIN ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi lancarnya pelaksanaan Praktek Kerja Industri, terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan paket keahlian yang ada di Dunia Usaha/Dunia Industri.

5.2               Saran
Dalam proses PRAKERIN ini dibutuhkan kedisiplinan dan keseriusan dalam mengerjakannya.Dan sebelum bekerja alat dan bahan harus disiapkan selengkap-lengkapnya agar tidak menimbulkan kendala-kendala yang menghambat proses praktek yang dikerjakan dan kita juga membutuhkan keramahan dan kesabaran.


LAMPIRAN-LAMPIRAN
Melayani nasabah di Bulanan

Membantu PDL saat tutup buku

Memasukan data angsuran ke buku angsuran.

Menulis pelunasan pinjaman.

TABEL 2.1.JADWAL KEGIATAN PRAKERIN
No
Kegiatan
Waktu
1
Memasukan rekap besar ke rekap kecil,memasukan drop ke buku taxasi,menghitung pinjaman dalam promes.
2 Mei 2016

2
Memasukan data drop ke rekap besar dan mencetak tunai.
3 Mei 2016
3
Memasukan rekap besar ke rekap kecil,merekap semua data dari semua resort dan mengarsip ktp.
4 Mei 2016
4
Memasukan rekap besar ke rekap kecil,memasukan data rekap ke system komputer,mencetak kasbon dan tunai,mengarsip ktp.
7 Mei 2016
5
Melakukan pelayanan pinjaman baru/lama,mencatat bukti pinjaman lunas di buku jaminan keluar,menulis pernyataan.
9 Mei 2016
6
Mencatat langkah transaksi pinjaman baru maupun pelunasan.
10 Mei 2016
7
Melayani nasabah yang a aktisedang mengangsur,memasukan data aktif ke daftar distribusi dan buku kecil.
11 Mei 2016
8
Membukukan pinjaman baru dan pelunasan pinjaman.
12 Mei 2016
9
Melayani nasabah,menulis surat pernyataan pengajuan maupun pelunasan,mebukukan pinjaman baru dan pelunasan.
13 Mei 2016
10
Menulis pelunasan ke buku jaminan keluar,menulis anggota baru di pinjaman baru.
14 Mei 2016
11
Menyetempel promise,menyetempel logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,memasukan data pinjaman ke buku angsuran.
16 Mei 2016
12
Menyetempel promise,menyetempel logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,mengarsip ktp.

17 Mei 2016
13
Mengarsip pengeluaran,mengarsip ktp,menempel pengeluaran,menyetempel logo,hari/tanggal,no. pinj pada promise.
18 Mei 2016
14
Menyetempel logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,mengarasip ktp,mengarsip pelunasan dan membuat pengeluaran.
19 Mei 2016
15
Menyetempel logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,menngarsip ktp.
20 Mei 2016
16
Menyetempel logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,mengarsip ktp dan menempel ktp
21 Mei 2016
17
Memberikan pelayanan nasabah,menulis pengeluaran dan mengurutkan bukti angsuran.
23 Mei 2016
18
Menulis pengeluaran,member pelayanan pada nasabah,menulis pinjaman baru.
24 Mei 2016
19
Menulis pengeluaran,membuat surat kuasa, pernyataan sertifikat tanah,menyetempel slipangsuran.
25 Mei 2016
20
Menyetempel slip angsuran dan kartu angsuran,menulis pengeluaran dan memasukan angsuran bulan lalu ke buku pinjaman.
26 Mei 2016
21
Menulis pinjaman bru dan pelunasan,memasukan data angsuran ke buku angasuran,memasukan data pinjaman baru/ppj ke buku angsuran baru.
27 Mei 2016
22
Memasukan pengeluaran dan pinjaman,melayani nasabah yang melakukan angsuran,memasukan data angsuran ke buku angsuran.
28 Mei 2016
23
Memasukan tabungan anggota ke buku kuarto,menyetempel kuarto,mengarsip ktp,memasukan data anggota baru.
30 Mei 2016

24
Memasukan tabungan anggota ke buku kuarto,menyetempel kuarto,mengarsip ktp.
31 Mei 2016
25
Menyampaikan motivasi Bhina R,memasukan tabungan anggota ke buku kuarto,menyetempel kuarto,memasukan data pinjaman ke buku angsuran.
1 Juni 2016
26
Memasukan tabungan anggota ke buku kuarto dan menyetempel kuarto.
2 Juni 2016
27
Memasukan data pinjaman ke computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,merekapitulasi mingguan.
3 juni 2016
28
Memasukan data pinjaman ke computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran dan mengarsip ktp.
4 Juni 2016
29
Membukukan pinjaman baru dan pelunasan,cek fisik,melayani nasabah.
6 Juni 2016
30
Menulis peluansan pinjaman dan melayani nasabah yang melakukan angsuran maupun pinjaman.
7 Juni 2016
31
Membukukan pelunasan dan pinjaman baru,cek fisik dan melayani nasabah.
8 Juni 2016
32
Melayani nasabah yang sedang melakukan angsuran maupun pinjaman baru dan membukukan pelunasan dan pinjaman baru.
9 Juni 2016
33
Melayani nasabah yang melakukan angsuran dan pelunasan pinjaman,memasukan data pinjaman ke buku angsuran.
10 Juni 2016
34
Melayani nasabah yang melakukan angsuran dan menulis pelunasan dan pinjaman baru ke buku daftar distribusi jaminan.
11 Juni 2016
35
Memasukan data pinjaman ke computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,mengarsip ktp.
13 Juni 2016
36
Memasukan data pinjaman ke computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,mengarsip ktp.
14 Juni 2016
37
Memasukan data pinjaman ke computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,mengarsip ktp.
15 Juni 2016
38
Memasukan data pinjaman ke computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,melakukan audit secara langsung
16 Juni 2016
39
Memasukan data pinjaman ke computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,mengecek auditrekap.
17 Juni 2016
40
Memasukan data pinjaman ke computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,mengarsip ktp,memasukan data rekap besar ke rekap kecil.
18 Juni 2016
41
Membukukan pinjaman masuk dan pelunasan dan melayani nasabah yang melakukan angsuran.
20 Juni 2016
42
Menulis slip angsuran ke buku angsuran,membukuan pinjaman baru dan pelunasan pinjaman dan melayani nasabah.
21 Juni 2016
43
Mengarsip ktp,memasukan rekap besar ke rekap kecil,melayani nasabah dan menulis pinjaman baru dan pelunasan ke buku distribusi.
22 Juni 2016
44
Melayani nasabah yang melakukan pinjaman baru dan angsuran,menulis slip angsuran ke buku angsuran,menulis pelunasan dan pinjaman baru.
23 Juni 2016
45
Melayani nasabah yang melakukan pinjaman baru dan angsuran,menulis slip angsuran ke buku angsuran,menulis pelunasan.
24 Juni 2016
46
Melayani nasabah yang melakukan pinjaman baru dan angsuran,menulis pelunasan ke buku distribusi dan buku kecil,menulis pernyataan.
25 Juni 2016
47
Memasukan data rekap ke computer,memasukan rekap besar ke rekap kecil,memasukan data pinjaman ke buku angsuran dan mengarsip ktp.
27Juni 2016
48
Memasukan rekap besar ke rekap kecil menggaris buku angsuran,dan memasukan data drop ke rekap besar.
28 Juni 2016
49
Memasukan data drop ke rekap besar,memasukan rekap besar ke rekap kecil dan memasukan slip drop ke buku taxasi.
29 Juni 2016
50
Memasukan data drop ke rekap besar,memasukanrekap besar ke rekap kecil dan mengarsip ktp.
30 Juni 2016
51
Melayani nasabah yang melakukan angsuran maupun pinjaman baru dan menulis pinjaman baru dan pelunasan pinjaman.
11 Juli 2016
52
Melayani nasabah yang melakukan angsuran maupun pinjaman baru dan menulis pinjaman baru dan pelunasan pinjaman.
12 Juli 2016
53
Melayani nasabah yang melakukan angsuran maupun pinjaman baru dan menulis pinjaman baru dan pelunasan pinjaman,menulis slip angsuran ke buku angsuran.
14 Juli 2016
54
Melayani nasabah yang melakukan angsuran maupun pinjaman baru dan menulis pinjaman baru dan pelunasan pinjaman,menggaris buku anggota baru.
15 Juli 2016



55
Melayani nasabah yang melakukan angsuran maupun pinjaman baru dan menulis pinjaman baru dan pelunasan pinjaman,menggaris buku anggota baru.

16 Juli 2016
56
Menyetempel logo,hari/tanggal,no. pinjaman pada promise dan mengarsip ktp.
18 Juli 2016
57
Menyetempel logo,hari/tanggal,no. pinjaman pada promise,mengarsip ktp dan memasukan data pinjaman ke buku angsuran.
19 Juli 2016
58
Menyetempel logo,hari/tanggal,no. pinjaman pada promise,mengarsip ktp dan menggambar struktur organisasi Bhina R.
20 Juli 2016
59
Menyetempel logo,hari/tanggal,no. pinjaman pada promise,mengarsip ktp,memasukan data pinjaman ke buku angsuran dan menempel pengeluaran.
21 Juli 2016
60
Menyetempel logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,mengarsip ktp dan membuat laporan prakerin.
22 Juli 2016
61
Menyetempel logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,mengarsip ktp,membuat laporan prakerin dan menempel pengeluaran.
23 Juli 2016
62
Melayani nasabah,menulis pernyataan,memasukan data angsuran ke buku angsuran dan menulis pelunasan dan pinjaman baru.
25 Juli 2016
63
Menyetempel slip angsuran,melayani nasabah,membantu petugasdi bagian angsuran,memasukan data angsuran ke buku angsuran.
26 Juli 2016
64
Melayani nasabah yang melakukan angsuran,menulis pelunasan pinjaman pada buku distribusi,membantu PDL tutup buku.
27 Juli 2016
65
Melayani nasabah yang melakukan angsuran,menulis pelunasan pinjaman pada buku distribusi dan pinjaman baru,membantu PDL tutup buku.
28 Juli 2016
66
Menyetempel slip angsuran,melayani nasabah,membantu petugasdi bagian angsuran dan menulis pelunasan dan pinjaman baru.
29 Juli 2016
67
Membuat laporan prakerin,membantu petugas di bagian angsuran dan menulis pelunasan pinjaman.
30 Juli 2016
68
Memasukan tabungan anggota ke buku kwarto,menyetempel kwarto ( pengeluaran),mengarsip kltp,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,menulis rekap.
1 Agustus 2016
69
Memasukan tabungan anggota ke buku kwarto,menyetempel kwarto (pelunasan),mengarsip ktp,menulis anggota baru.
2 Agustus 2016
70
Memasukan tabungan anggota ke buku kwarto,menyetempel kwarto (pelunasan),mengarsip ktp dan memasukan data pinjaman ke buku angsuran.
3 Agustus 2016
71
Memasukan tabungan anggota ke buku kwarto,menyetempel kwarto (pelunasan),mengarsip ktp dan memasukan data pinjaman ke buku angsuran dan membuat laporan prakerin.


4 Agustus 2016
72
Memasukan tabungan anggota ke buku kwarto,menyetempel kwarto (pelunasan),mengarsip ktp dan memasukan data pinjaman ke buku angsuran dan membuat laporan prakerin.
5 Agustus 2016
73
Memasukan tabungan anggota ke buku kwarto,menyetempel kwarto (pelunasan),mengarsip ktp dan memasukan data pinjaman ke buku angsuran dan membuat laporan prakerin.
6 Agustus 2016
74
Melayani nasabah yang melakukan angsuran,menulis pinjaman baru dan pelunasan pinjaman dan melayani pengajuan pinjaman.
8 Agustus 2016
75
Melayani nasabah yang melakukan angsuran,menulis pinjaman baru dan pelunasan pinjaman dan melayani pengajuan pinjaman
9 Agustus 2016
76
Melayani nasabah yang melakukan angsuran,menulis pinjaman baru dan pelunasan pinjaman dan melayani pengajuan pinjaman,menulis data angsuran ke buku angsuran dan membuat laporan prakerin.
10 Agustus 2016
77
Melayani nasabah yang melakukan angsuran,menulis pinjaman baru dan pelunasan pinjaman dan melayani pengajuan pinjaman,memasukan data angsuran ke buku angsuran dan membuat laporan prakerin.
11 Agustus 2016
78
Melayani nasabah yang melakukan angsuran,menulis  pelunasan pinjaman dan melayani pengajuan pinjaman dan membuat laporan prakerin.
12 Agustus 2016
79
Membuat laporan prakerin.
13 Agustus 2016



Menulis pinjaman baru


Menulis pernyataan jaminan belum atas nama sendiri.


Membantu bagian rekap di mingguan

 
Membantu admin II di Mingguan

Membantu Admin I di Mingguan

Membantu bagian pinjaman di Mingguan

Menyiapakan dokumen pinjaman

Kegiatan rutinitas do’a pagi

Penyerahan kenang-kenangan saat pelepasan pkl



 



3 komentar:

  1. Merkur Futur Adjustable Safety Razor - XN - OC80B910a26eepc81il5g
    Merkur Futur Adjustable Safety Razor - XN - OC80B910a26eepc81il5g.Online: Merkur 카지노 Futur Adjustable 메리트 카지노 쿠폰 Safety Razor, Chrome 카지노사이트 Plated - $54.95.

    BalasHapus
  2. Situs Judi Slot Online Gacor Terpercaya Indonesia - Airjordan3
    Situs judi air jordan 18 retro men red shop slot online gacor terpercaya Indonesia. Bandar 포커 족보 순위 judi online slot gacor air jordan 18 retro varsity red online store deposit pulsa find air jordan 18 retro yellow tanpa potongan dan mainkan jackpot deposit via pulsa air jordan 18 retro men red to good site tanpa

    BalasHapus