PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
DI KSP BHINA RAHARJA
Tanggal 2 Mei 2016 – 13 Agustus 2016
Laporan ini dibuat sebagai salah satu syarat telah mengikuti Prakerin
Disusun oleh :
Nama : SITI ROHMAWATI
NIS : 4436
Kelas : XII
Kompetensi Keahlian : AKUNTANSI
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SMK NU LASEM
PROGRAM KEAHLIAN
AKUNTANSI
2016
LEMBAR
PENGESAHAN
LAPORAN
PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI KSP BHINA
RAHARJA
Tanggal 2 Mei 2016 – 13 Agustus 2016
Lasem,
13 Agustus 2016
Pembimbing DU/DI PembimbingSekolah
Mengetahui, Mengetahui,
Pimpinan KSP
BHINA RAHARJA Kepala
Sekolah
Cabang
Pamotan SMK
NU Lasem
AN
SURIPTO ARIF
DIMYATI,S.Ag
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur
Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang
telah memberikan rahmat dan karunia-NYA kepada penulis. Sehingga penulisan Laporan Pelaksanaan
Praktik Kerja Industri (Prakerin) di KSP BHINA RAHARJA dapat terselesaikan dengan
baik. Laporan ini dapat terselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari semua pihak.
Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu dalam penyelesaian
laporan ini, terutama kepada:
1.
Bapak Arif Dimyati, S.Ag,
selaku Kepala Sekolah SMK NU Lasem
2.
Bapak AN. Suripto, selaku
Pimpinan DU/DI
3.
Ibu Yeni Farikha, S.Pd,
selaku Pembimbing DU/DI
4.
Ibu Sri Winarti, S.Pd,
selaku Pembimbing Sekolah
5.
Bapak/Ibu Guru SMK NU Lasem
yang telah membimbing kami
6.
Seluruh Staf karyawan dan karyawati
SMK NU Lasem
7. Seluruh Staf karyawan dan karyawati
KSP BHINA RAHARJA yang telah membimbing kami
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini
masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun
demi kesempurnaan laporan ini sangat penulis harapkan. Mudah-mudahan laporan ini
dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Rembang,13
Agustus 2016
Siti
Rohmawati
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL........................................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN ............................................................................. ii
KATA
PENGANTAR ...................................................................................... iii
DAFTAR
ISI .................................................................................................... iv
BAB
I. PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang ................................................................................. 1
1.2.
Tujuan Pelaksanaan Prakerin ......................................................... 1
1.3.
Tujuan Pembuatan Laporan Prakerin ............................................ 2
BAB
II. PROFIL PERUSAHAAN
2.1. Sejarah
Perusahaan ........................................................................ 3
2.2. Visi dan Misi
Perusahaan ............................................................... 3
2.3. Struktur
Organisasi .......................................................................... 4
BAB
III. PROSES PELAKSANAAN
3.1. Waktu dan Tempat
Pelaksanaan .................................................... 5
3.2. Alat dan Bahan ................................................................................. 5
3.3. Gambar Kerja ................................................................................... 6
3.4. Proses
Pengerjaan .......................................................................... 7
3.5. Implementasi
Keselamatan Kerja ................................................. 11
3.6. Hasil yang
dicapai .......................................................................... 11
BAB
IV HASIL ANALISA
4.1.
Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan Penghambat) ............ 12
4.2.
Manfaat yang dirasakan ................................................................ 12
4.3.
Pengembangan/Tindak Lanjut ...................................................... 12
BAB
V PENUTUP
5.1.
Kesimpulan ..................................................................................... 13
5.2.
Saran ............................................................................................... 13
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu Sub Sistem
Pendidikan Nasional, memiliki kedudukan sangat penting dalam fungsi menyiapkan tenaga kerja yang terampil untuk menunjang system
pendidikan nasional. Upaya penyiapan tenaga kerja yang terampil sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, didekati melalui kebijakan “link and match” adalah penyelenggaraan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin).
Pada
dasarnya Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan penyelenggaraan yang
mengintegrasikan secara tersistem pendidikan dunia usaha dan industry.
Pengintegrasian
kegiatan pendidikan ini akan menghilangkan perbedaan stadar nilai sekolah dan dunia kerja serta sekaligus mendekatkan supply dan demand ketenaga kerjaan.
1.2 Tujuan Pelaksanaan Prakerin
Prakerin pada dasarnya merupakan kegiatan intrakurikuler,
harus dilaksanakan oleh setiap peserta prakerin secara individu. Dengan pengaturan
organisasian pola penyelenggaraan pendidikan SMK perlu membentuk proses
kegiatan atau seluruh komponen keahlian dan kejuruan dalam bentuk latihan kerja
di dunia kerja.
Adapun
tujuan dari keterlaksanaan kegiatan praktik kerja industry (prakerin) adalah
sebagai berikut :
1. Meningkatkan
pemahaman dan pemantapan serta mengembangkan teori peserta prakerin yang di
dapat di sekolah dan menerapkan di dunia usaha.
2. Meningkatkan
keterampilan berupa penguasaan kemampuan profesional kejuruan peserta prakerin.
1.3 Tujuan Pembuatan Laporan
Prakerin
Adapun tujuan pembuatan laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini adalah:
1.
Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan atau pengalaman dalam bentuk tulisan tersusun secara sistematik atau kronologi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.
Peserta didik mampu mencari alternative
pemecahan masalah kejuruan sesuai dengan program studinya yang
terungkap dalam laporan tertulis.
3.
Memberikan informasi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dari Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI) ke sekolah.
4.
Sebagai bahan pertanggung
jawaban bahwa telah melaksanakan Praktik Kerja Industri ( Prakerin).
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1
Sejarah
Perusahaan
KSP.Bhina Raharja terbentuk dari sebuah rapat kecil
perkumpulan beberapa pengusaha kerajinan gerabah di kelurahan Sidowayah Kab.
Rembang, rapat pembentukan ini berlangsung di kantor kelurahan dan dilaksanakan
pada tanggal 8 Mei 1994. yang dihadiri beberapa calon anggota yang sebelumnya
sudah terbentuk pra koperasi dari beberapa pengusaha di daerah setempat.
KSP Bhina Raharja merupakan Koperasi yang bergerak di
bidang usaha Simpan Pinjam yang berdiri sejak tahun 1994, dan telah memperoleh
persetujuan Badan Hukum Nasional, dengan nomor Badan Hukum 12198/BH/VI/1994.
Wilayah Keanggotaan KSP Bhina Raharja yang semula
hanya di wilayah Propinsi Jawa Tengah, berkembang wilayah pelayananya yang
meliputi Propinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Yogyakarta. Koperasi
Simpan Pinjam Bhina Raharja telah berhasil mendapatkan kepercayaan dari anggota
pada khususnya dan masyrakat pada umumnya dalam pengelolaan usaha simpan pinjam.Hal
ini terbukti dari jumlah asset koperasi, permodalan koperasi, anggota maupun
calon anggota yang dilayani mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun
ke tahun.Kondisi tersebut memacu kinerja pengurus maupun pengelola untuk selalu
memberikan pelayanan yang terbaik bagi anggota dan masyarakat.
KSP. BHINA RAHARJA memiliki makna yang sangat luas
yaitu Bhina yang artinya membina,menolong dan mencerdaskan,sedangkan Raharja
artinya Kebahagiaan.
2.2 Visi dan Misi Perusahaan
2.2.1
VISI
KSP Bhina Raharja Pamotan
memiliki Visi sebagai berikut:
“KSP
Bhina Raharja sebagai Koperasi yang Mandiri, Profesional dan Terpercaya”
2.2.2 MISI
Misi KSP
Bhina Raharja Pamotan adalah
1. Meningkatkan kwalitas pelayanan
untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur dan sejahtera
2. Mensejahterakan Anggota dan
Masyarakat
3. Mengurangi pengangguran produktif dengan
membuka lapangan kerja
4. Bermanfaat di masyarakat dan di
segala bidang.
BAB III
PROSES PELAKSANAAN
3.1
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Saya melaksanakan PRAKERIN di KSP BHINA RAHARJA
CABANG PAMOTAN Jl. Raya Jatirogo – Pamotan (Depan Polsek Pamotan),Rembang-Jawa
Tengah,yang dimulai pada tanggal 2 Mei 2016 – 13 Agustus 2016,saya melaksanakan
kegiatan prakerin sesuai peraturan yang berlaku di KSP BHINA RAHARJA. Adapun jadwal kegiatan jam
kerja, sebagai berikut:
HARI
|
ABSENSI KERJA
|
|
DATANG
|
PULANG
|
|
SENIN
|
07.30
|
15.30
|
SELASA
|
07.30
|
15.30
|
RABU
|
07.30
|
15.30
|
KAMIS
|
07.30
|
15.30
|
JUM'AT
|
07.30
|
15.30
|
SABTU
|
07.30
|
15.30
|
3.2 Alat dan Bahan
ALAT
|
BAHAN
|
Buku
|
Slip (Angsuran
pokok, Realisasi pinjaman, Tunai,Kasbon)
|
Komputer
|
Kertas HVS
|
Printer
|
Label
|
Kamera
|
Sampul Jaminan
|
Kalkulator
|
Materai
|
Kwitansi
|
Brosur Produk
|
Alat Tulis
|
Amplop
|
Lem
|
Kartu Angsuran
|
Stempel
|
Tinta
|
Flashdisk
|
|
3.3 Gambar Kerja
KSP.
BHINA RAHARJA memiliki dua pelayanan yaitu Angsuran Mingguan dan Bulanan.
Gambar kerja
pelayanan pinjaman unit mingguan yaitu:
Pengajuan Kredit
|
Survei Tempat Lokasi
Usaha
|
Pencairan Kredit
|
Pembayaran Angsuran
|
1. Pelayanan mingguan yaitu PDL
(Petugas Dinas Lapangan) akan datang ke rumah setiap anggota untuk memberikan
pinjaman ataupun pelayanan angsuran,kemudian dari data angsuran atau pinjaman akan
dimasukan ke buku angsuran sesuai dengan nama anggota yang mengangsur kemudian
dari data angsuran ditulis dalam buku piutang (Angsuran pokok), kemudian piutang
(Angsuran pokok) tersebut diberikan ke bagian rekap lalu PDL (Petugas Dinas
Lapangan) akan menerima slip tunai dari bagian rekap,kemudian PDL (Petugas
Dinas Lapangan) akan menyetorkan sejumlah uang yang tercantum di slip tunai kepada kasir mingguan.
Gambar kerja
pelayanan pinjaman unit bulanan yaitu:
Pengajuan Kredit
|
Analisis Kredit
|
Evaluasi Kredit
|
Negosiasi Kredit
|
Pemberian Putusan Kredit
|
|
Penyimpanan Dokumen
|
Proses pencairan Kredit
|
Pengarsipan Dokumen
|
Penyimpanan Jaminan
|
Pembayaran Angsuran
|
Pelunasan pinjaman
|
2.
Pelayanan Bulanan yaitu anggota datang ke kantor dan membawa jaminan pinjaman,lalu
jaminan tersebut diajukan kepada petugas untuk di acc,setelah di acc jika
anggota setuju dengan hasil acc,calon anggota harus melengkapi persyaratan
utang,jika persyaratan sudah lengkap kemudian pengajuan tersebut diproses
sampai dengan pencairan di kasir bulanan.
3.1.
Proses
Pengerjaan
KSP. BHINA RAHARJA memiliki dua pelayanan yaitu Angsuran
Mingguan dan Bulanan.
3.4.1 Pelayanan
pinjaman Mingguan KSP BHINA RAHARJA sebagai berikut:
a. Pengajuan Kredit
Pelayanan Mingguan
yaitu PDL (Petugas Dinas Lapangan) datang ke rumah anggota untuk mencari
anggota baru dengan cara menawarkan pinjaman kepada calon anggota, jika calon
anggota tersebut mau menerima tawaran tersebut,kemudian PDL (Petugas Dinas
Lapangan) menjelaskan persyaratan untuk menjadi anggota.
b. Survei Tempat Lokasi Usaha
Calon anggota melengkapi
persyaratan dan memberikan jaminan pinjaman kepada PDL (Petugas Dinas Lapangan)
menyurvei usaha yang dijalankan oleh peminjam.
c. Pencairan Kredit
Apabila persyaratan sudah lengkap, pinjaman dapat
langsung dicairkan (realisasi pinjaman), kemudian data anggota tersebut ditulis
pada promise, kemudian data promise tersebut ditulis pada buku taxasi.
d. Pembayaran Angsuran
Dalam pemberian
pelayanan angsuran, PDL (Petugas Dinas Lapangan) akan mendatangi rumah anggota
yang akan mengangsur,kemudian data angsuran dari setiap anggota yang mengangsur
lalu dimasukan pada buku angsuran kemudian ditulis ke buku piutang (Angsuran
pokok).
e. Pengarsipan
Data Anggota
Dari data piutang (Angsuran pokok)
dan promise lalu diberikan ke bagian rekap, kemudian dari data tersebut direkap
oleh bagian rekap sampai dengan tunai,kemudian PDL (Petugas Dinas Lapangan)
akan menyetorkan sejumlah uang ke kasir mingguan sesuai dengan nominal yang
tercantum pada slip tunai tersebut. Promise tadi diberikan ke bagian admin II, promise
akan diberi stempel logo,hari/tanggal dan no. pinjaman dan dilengkapi dengan
kartu angsuran, untuk anggota baru akan diberi kartu arsip ktp. Dari Admin II
baru ke Admin I untuk memasukan tabungan anggota ke buku kwarto dan menulis
kembali data dari promise ke kartu angsuran, setelah itu promise tadi diberikan
kepada bagian pinjaman untuk ditulis ke computer dan ke buku angsuran
masing-masing resort.
3.4.2 Pelayanan pinjaman Bulanan KSP BHINA RAHARJA
sebagai berikut:
1. Pengajuan Kredit
Pelayanan Bulanan yaitu untuk pengajuan pinjaman anggota/calon anggota datang ke kantor dan membawa jaminan dan persyaratan yang telah ditentukan oleh koperasi, anggota/calon anggota mengajukan pinjaman ke bagian informasi pinjaman, biasanya petugas akan menanyakan apa yang digunakan untuk jaminan pinjaman, apakah berupa BPKB/Sertifikat tanah,
2. Analisis Kredit
kemudian jaminan akan di acc-kan kepada pimpinan bulanan, kemudian petugas menyampaikan hasil acc kepada anggota/calon anggota, jika calon anggota menyetujui hasil dari acc pimpinan, maka petugas akan menunjukkan persyaratan sesuai dengan jaminan pinjaman, apabila yang digunakan untuk jaminan pinjaman adalah BPKB.
Adapun persyaratan pengajuan
pinjaman yang menggunakan BPKB :
a.
Membawa BPKB asli.
b.
Membawa STNK.
c.
Membawa KTP Suami-Istri,
d.
Membawa Kartu Keluarga,
e.
Kendaraan di bawa untuk cek
fisik
f.
Suami-Istri datang ke kantor
untuk menandatangani surat perjanjian pinjaman.
Apabila yang digunakan
jaminan adalah Sertifikat tanah maka persyaratannya yaitu :
a.
membawa SPPT.
b.
Membawa KK.
c.
Membawa KTP Suami-Istri.
d.
Sertifikat harus nama
sendiri.
e.
Suami-Istri datang ke
kantor.
untuk sertifikat jika pinjaman lebih
dari lima juta akan ada survey ke rumah dan akan dilihat usahanya terlebih
dahulu.Biasanya petugas akan memeriksa kelengkapan persyaratan yang diserahkan
oleh peminjam, seperti memeriksa kesahan surat tanda kepemilikan, kondisi
barang jaminan,tahun pembuatan jaminan dan alamat/domisili anggota/calon
anggota.
3.
Evaluasi Kredit
Dalam hal analisis
dan evaluasi kredit, pimpinan koordinasi menentukan taksiran nilai jual dari
jaminan yang diserahkan oleh peminjam.
4.
Negosiasi Kredit
Selanjutnya
petugas akan menyampaikan kepada peminjam
mengenai besarnya maksimal kredit yang dapat diberikan.Pihak koperasi telah
mempunyai standart tertentu dalam menentukan taksiran jaminan, untuk BPKB
taksiran kreditnya berbeda-beda berdasarkan merk kendaraan dan tahun pembuatan
kendaraan, sedangakan untuk sertifikat tanah taksiran maksimal sesuai kemampuan
koperasi, selain menyampaikan besaran maksimal kredit, petugas juga memberikan
penjelasan mengenai jenis-jenis pinjaman yang ada dan cara pembayaran
angsurannya, setelah itu peminjam akan menentukan jumlah kredit yang akan
diambil sesuai dengan kebutuhan mereka.
5.
Pemberian Putusan Kredit
Apabila
telah ada kesepakatan mengenai besarnya pinjaman dan persyaratan sudah lengkap
maka pengajuan akan langsung di proses seperti membuatkan surat perjanjian
utang piutang.
6.
Proses pencairan Kredit
jika dokumen pengajuan
pinjaman sudah lengkap yang kemudian ditanda tangani kedua belah pihak, dokumen
yang dibutuhkan adalah surat perjanjian hutang piutang,surat cek fisik
kendaraan bermotor,surat pernyataan,khusus untuk jaminan yang berupa BPKB yang
belum atas nama peminjam, sedangkan dokumen pencairan kredit yaitu kwitansi
pinjaman dan bukti pinjaman dan jaminan, kemudian dokumen tersebut diberikan kepada
bagian kasir untuk pencairan kredit, sebelum pencairan kendaraan dilakukan cek
fisik terlebih dahulu, bagian kasir bertugas menandatangani pinjaman dan menyiapkan
uang sebesar yang tertera dalam kwitansi tersebut, sebelum pencairan kasir akan
menjelaskan mengenai besarnya angsuran,potongan administrasi dan jumlah yang
akan diterima oleh peminjam, kemudian kasir akan memberikan uang dan dokumen
asli kepada peminjam.
7.
Pengarsipan Dokumen
Kemudian data
pinjaman tersebut ditulis dalam daftar distribusi dan buku jaminan anggota dan
buku angsuran.
8.
Penyimpanan Jaminan
Untuk penyimpanan jaminan,bagian kasir akan
menyimpan jaminan pinjaman ke dalam brangkas koperasi.
9.
Pembayaran Angsuran
Untuk pembayaran angsuran, setiap bulan nasabah
harus datang ke kantor untuk membayar angsuran
pinjamannya.
10.
Pelunasan pinjaman
Untuk pelunasan pinjaman anggota
datang ke kantor membawa identitas diri dan membayar sejumlah sisa pinjamannya,
kemudian anggota akan menandatangani beberapa buku seperti buku pelunasan,buku
jaminan anggota dan slip pelunasan sebagai bukti pelunasan pinjaman dan jaminan
pinjaman bisa langsung diberikan.
Kami disini juga
diajari bagaimana cara audit keuangan di KSP BHINA RAHARJA, laporan keuangan
KSP BHINA RAHARJA terangkum dalam buku tabelaris.Tabelaris adalah Buku rekapan
dari semua transaksi setiap bulannya untuk membuat laporan keuangan KSP BHINA
RAHARJA per tahun, tabelaris terdiri atas beberapa kolom yaitu :
1.
Kolom
bulan : kolom per bulan dalam satu tahun.
2. Modal pusat : kolom yang
berisi jumlah modal yang diberikan oleh kantor pusat.
- Piutang (angsuran pokok) :kolom yang berisi jumlah angsuran dalam sebulan.
- Pendapatan ada dua yaitu jasa pinjaman (jasa pinjaman-10%.jasa pinjaman) dan administrasi (1%.jumlah realisasi pinjaman).
5.
pemupukan modal.
- Resiko kredit : kolom yang berisi jumlah resiko kredit yang didapat dari (10%.js. pinjaman)
7.
SHU : kolom SHU berisikan
saldo SHU.
- Simpanan ini terdiri dari simapanan pokok,simpanan wajib sukarela dan simpanan hari raya ini untuk simpanan masuk.
9.
Debet
(jumlah dari semua kolom bagian debet).
10. Modal
pusat menutup SHU (rugi).
- Piutang (realisasi): kolom berisi total pinjaman yang diberikan kepada peminjam.
12.
Ongkos
: kolom yang berisi total biaya perawatan gedung,service motor,dll.
- Inventaris : kolom yang berisi biaya untuk pembelian barang-barang kantor.
14.
Sewa
dibayar dimuka.
- Simpanan,terdiri dari simpanan pokok,simpanan wajib,simpanan sukarela dan simpanan hari raya untuk yang keluar.
16.
Antar
aktiva kantor pusat.
17.
Pemupukan
modal.
- Resiko kredit: kolom berisi total resiko kredit yang didapat dari (10%.js. pinjaman)
19.
SHU : kolom SHU berisikan
saldo SHU.
20.
Kredit
: kolom yang berisi jumlah dari semua kolom bagian kredit.
21.
Saldo
kas : kolom yang berisi total kas yang masih.
3.2.
Implementasi Keselamatan Kerja
KSP BHINA RAHARJA memberikan jaminan
keselamatan kerja berupa BPJS Ketenaga kerjaan.
3.3.
Hasil yang dicapai
Selama kurang lebih tiga bulan saya
Pkl di Bhina Raharja banyak sekali yang saya dapat selain bertambahnya ilmu, saya
juga tahu apa arti toleransi,bekerjasama dan saling menghargai,saya juga lebih
merasa parcaya diri,berani dan yang terpenting adalah jujur,karena kejujuran
sangat dibutuhkan dalam suatu pekerjaan.
BAB IV
HASIL ANALISA
4.1
Keterlaksanaan (Faktor
Pendukung dan Penghambat)
Keterlaksanaan Prakerin ini didukung
dengan komunikasi yang lancar dan baik dari pihak DU/DI dengan anak pkl, DU/DI
pun tidak membedakan anak pkl yang satu
dengan yang lainnya, kami sebagai anak pkl sangat senang karena seluruh
keluarga besar KSP Bhina Raharja cabang Pamotan menerima kami dengan baik,
sehingga kami bisa melaksanakan kegiatan prakerin dengan baik, dan sedangkan
yang menjadi penghambat kami pkl di KSP BHINA RAHARJA cabang pamotan yaitu kami
tidak bisa terjun langsung ke rumah anggota peminjam di Bhina Raharja, karena
di Bhina Raharja cabang pamotan ini bagian penagihan dinas lapangan itu
laki-laki dan perempuan hanya di bagian kantor.
1.2.
Manfaat yang dirasakan
Atas bimbingan dari pimpinan dan
pembimbing DU/DI saya merasa lebih berani dan percaya diri dan bisa
bersosialisasi dengan orang banyak, karyawan-karyawati membantu saya untuk
mendapatkan ilmu yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya.Disini saya
mendapatkan pengalaman yang luar biasa
1.3.
Pengembangan/Tindak
Lanjut
DU/DI menginginkan kami lebih percaya
diri dan berani, maka DU/DI meminta kami untuk menjadi seorang motivator pada rutinitas
do’a pagi setiap harinya, karena bimbingan DU/DI kami pun bisa mengikutinya dan
hasilnya kami menjadi lebih baik dari sebelumnya.
BAB
V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Dari
pengalaman Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang saya laksanakan di KSP BHINA
RAHARJA selama kurang lebih 3 bulan dapat diambil kesimpulan:
a. Dengan
adanya Praktek Kerja Industri ini, para peserta PRAKERIN cukup banyak mendapat
informasi dengan pengalaman khususnya mengenai laporan keuangan sehinggga
menambah motivasi bagi peserta prakerin dalam memperdalam ilmu tentang
Akuntansi (Laporan Keuangan).
b. Setelah
pelaksanaan PRAKERIN ini dapat disimpulkan antara teori yang dapat di sekolah
dengan praktek kerja di dunia usaha memiliki banyak perbedaan. Teori lebih
sulit jika dibandingkan dengan praktek secara langsung.
c. Keberhasilan pelaksanaan
Praktek Kerja Industri ini sangat dibutuhkan oleh para siswa/siswi agar bisa
mengikuti salah satu syarat untuk menempuh UAS/UAN. Dengan dibuatnya laporan
PRAKERIN ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi lancarnya pelaksanaan
Praktek Kerja Industri, terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan paket
keahlian yang ada di Dunia Usaha/Dunia Industri.
5.2
Saran
Dalam proses PRAKERIN ini
dibutuhkan kedisiplinan dan keseriusan dalam mengerjakannya.Dan sebelum bekerja
alat dan bahan harus disiapkan selengkap-lengkapnya agar tidak menimbulkan kendala-kendala
yang menghambat proses praktek yang dikerjakan dan kita juga membutuhkan
keramahan dan kesabaran.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Melayani
nasabah di Bulanan
Membantu
PDL saat tutup buku
Memasukan
data angsuran ke buku angsuran.
Menulis
pelunasan pinjaman.
TABEL
2.1.JADWAL KEGIATAN PRAKERIN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Memasukan rekap besar ke rekap kecil,memasukan
drop ke buku taxasi,menghitung pinjaman dalam promes.
|
2
Mei 2016
|
2
|
Memasukan data drop ke rekap besar dan
mencetak tunai.
|
3
Mei 2016
|
3
|
Memasukan rekap besar ke rekap
kecil,merekap semua data dari semua resort dan mengarsip ktp.
|
4
Mei 2016
|
4
|
Memasukan rekap besar ke rekap
kecil,memasukan data rekap ke system komputer,mencetak kasbon dan
tunai,mengarsip ktp.
|
7
Mei 2016
|
5
|
Melakukan pelayanan pinjaman
baru/lama,mencatat bukti pinjaman lunas di buku jaminan keluar,menulis
pernyataan.
|
9
Mei 2016
|
6
|
Mencatat langkah transaksi pinjaman
baru maupun pelunasan.
|
10
Mei 2016
|
7
|
Melayani nasabah yang a aktisedang
mengangsur,memasukan data aktif ke daftar distribusi dan buku kecil.
|
11
Mei 2016
|
8
|
Membukukan pinjaman baru dan pelunasan
pinjaman.
|
12
Mei 2016
|
9
|
Melayani nasabah,menulis surat
pernyataan pengajuan maupun pelunasan,mebukukan pinjaman baru dan pelunasan.
|
13
Mei 2016
|
10
|
Menulis pelunasan ke buku jaminan
keluar,menulis anggota baru di pinjaman baru.
|
14
Mei 2016
|
11
|
Menyetempel promise,menyetempel
logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,memasukan data pinjaman ke buku
angsuran.
|
16
Mei 2016
|
12
|
Menyetempel promise,menyetempel
logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,mengarsip ktp.
|
17
Mei 2016
|
13
|
Mengarsip pengeluaran,mengarsip
ktp,menempel pengeluaran,menyetempel logo,hari/tanggal,no. pinj pada promise.
|
18
Mei 2016
|
14
|
Menyetempel
logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,memasukan data pinjaman ke buku
angsuran,mengarasip ktp,mengarsip pelunasan dan membuat pengeluaran.
|
19
Mei 2016
|
15
|
Menyetempel
logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,memasukan data pinjaman ke buku
angsuran,menngarsip ktp.
|
20
Mei 2016
|
16
|
Menyetempel
logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,memasukan data pinjaman ke buku
angsuran,mengarsip ktp dan menempel ktp
|
21
Mei 2016
|
17
|
Memberikan pelayanan nasabah,menulis
pengeluaran dan mengurutkan bukti angsuran.
|
23
Mei 2016
|
18
|
Menulis pengeluaran,member pelayanan
pada nasabah,menulis pinjaman baru.
|
24
Mei 2016
|
19
|
Menulis pengeluaran,membuat surat
kuasa, pernyataan sertifikat tanah,menyetempel slipangsuran.
|
25
Mei 2016
|
20
|
Menyetempel slip angsuran dan kartu
angsuran,menulis pengeluaran dan memasukan angsuran bulan lalu ke buku
pinjaman.
|
26
Mei 2016
|
21
|
Menulis pinjaman bru dan pelunasan,memasukan
data angsuran ke buku angasuran,memasukan data pinjaman baru/ppj ke buku
angsuran baru.
|
27
Mei 2016
|
22
|
Memasukan pengeluaran dan
pinjaman,melayani nasabah yang melakukan angsuran,memasukan data angsuran ke
buku angsuran.
|
28
Mei 2016
|
23
|
Memasukan tabungan anggota ke buku
kuarto,menyetempel kuarto,mengarsip ktp,memasukan data anggota baru.
|
30
Mei 2016
|
24
|
Memasukan tabungan anggota ke buku
kuarto,menyetempel kuarto,mengarsip ktp.
|
31 Mei 2016
|
25
|
Menyampaikan motivasi Bhina
R,memasukan tabungan anggota ke buku kuarto,menyetempel kuarto,memasukan data
pinjaman ke buku angsuran.
|
1 Juni 2016
|
26
|
Memasukan tabungan anggota ke buku
kuarto dan menyetempel kuarto.
|
2 Juni 2016
|
27
|
Memasukan data pinjaman ke
computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,merekapitulasi mingguan.
|
3 juni 2016
|
28
|
Memasukan data pinjaman ke
computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran dan mengarsip ktp.
|
4 Juni 2016
|
29
|
Membukukan pinjaman baru dan
pelunasan,cek fisik,melayani nasabah.
|
6 Juni 2016
|
30
|
Menulis peluansan pinjaman dan
melayani nasabah yang melakukan angsuran maupun pinjaman.
|
7 Juni 2016
|
31
|
Membukukan pelunasan dan pinjaman
baru,cek fisik dan melayani nasabah.
|
8 Juni 2016
|
32
|
Melayani nasabah yang sedang melakukan
angsuran maupun pinjaman baru dan membukukan pelunasan dan pinjaman baru.
|
9 Juni 2016
|
33
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran dan pelunasan pinjaman,memasukan data pinjaman ke buku angsuran.
|
10 Juni 2016
|
34
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran dan menulis pelunasan dan pinjaman baru ke buku daftar distribusi
jaminan.
|
11 Juni 2016
|
35
|
Memasukan data pinjaman ke
computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,mengarsip ktp.
|
13 Juni 2016
|
36
|
Memasukan data pinjaman ke
computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,mengarsip ktp.
|
14 Juni 2016
|
37
|
Memasukan data pinjaman ke
computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,mengarsip ktp.
|
15 Juni 2016
|
38
|
Memasukan data pinjaman ke
computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,melakukan audit secara
langsung
|
16 Juni 2016
|
39
|
Memasukan data pinjaman ke
computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,mengecek auditrekap.
|
17 Juni 2016
|
40
|
Memasukan data pinjaman ke
computer,memasukan data pinjaman ke buku angsuran,mengarsip ktp,memasukan
data rekap besar ke rekap kecil.
|
18 Juni 2016
|
41
|
Membukukan pinjaman masuk dan
pelunasan dan melayani nasabah yang melakukan angsuran.
|
20 Juni 2016
|
42
|
Menulis slip angsuran ke buku
angsuran,membukuan pinjaman baru dan pelunasan pinjaman dan melayani nasabah.
|
21 Juni 2016
|
43
|
Mengarsip ktp,memasukan rekap besar ke
rekap kecil,melayani nasabah dan menulis pinjaman baru dan pelunasan ke buku
distribusi.
|
22 Juni 2016
|
44
|
Melayani nasabah yang melakukan
pinjaman baru dan angsuran,menulis slip angsuran ke buku angsuran,menulis
pelunasan dan pinjaman baru.
|
23 Juni 2016
|
45
|
Melayani nasabah yang melakukan
pinjaman baru dan angsuran,menulis slip angsuran ke buku angsuran,menulis
pelunasan.
|
24 Juni 2016
|
46
|
Melayani nasabah yang melakukan
pinjaman baru dan angsuran,menulis pelunasan ke buku distribusi dan buku kecil,menulis
pernyataan.
|
25 Juni 2016
|
47
|
Memasukan data rekap ke
computer,memasukan rekap besar ke rekap kecil,memasukan data pinjaman ke buku
angsuran dan mengarsip ktp.
|
27Juni 2016
|
48
|
Memasukan rekap besar ke rekap kecil
menggaris buku angsuran,dan memasukan data drop ke rekap besar.
|
28 Juni 2016
|
49
|
Memasukan data drop ke rekap
besar,memasukan rekap besar ke rekap kecil dan memasukan slip drop ke buku
taxasi.
|
29 Juni 2016
|
50
|
Memasukan data drop ke rekap
besar,memasukanrekap besar ke rekap kecil dan mengarsip ktp.
|
30 Juni 2016
|
51
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran maupun pinjaman baru dan menulis pinjaman baru dan pelunasan
pinjaman.
|
11 Juli 2016
|
52
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran maupun pinjaman baru dan menulis pinjaman baru dan pelunasan
pinjaman.
|
12 Juli 2016
|
53
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran maupun pinjaman baru dan menulis pinjaman baru dan pelunasan
pinjaman,menulis slip angsuran ke buku angsuran.
|
14 Juli 2016
|
54
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran maupun pinjaman baru dan menulis pinjaman baru dan pelunasan
pinjaman,menggaris buku anggota baru.
|
15 Juli 2016
|
55
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran maupun pinjaman baru dan menulis pinjaman baru dan pelunasan
pinjaman,menggaris buku anggota baru.
|
16 Juli 2016
|
56
|
Menyetempel logo,hari/tanggal,no.
pinjaman pada promise dan mengarsip ktp.
|
18 Juli 2016
|
57
|
Menyetempel logo,hari/tanggal,no.
pinjaman pada promise,mengarsip ktp dan memasukan data pinjaman ke buku
angsuran.
|
19 Juli 2016
|
58
|
Menyetempel logo,hari/tanggal,no.
pinjaman pada promise,mengarsip ktp dan menggambar struktur organisasi Bhina
R.
|
20 Juli 2016
|
59
|
Menyetempel logo,hari/tanggal,no.
pinjaman pada promise,mengarsip ktp,memasukan data pinjaman ke buku angsuran
dan menempel pengeluaran.
|
21 Juli 2016
|
60
|
Menyetempel
logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,mengarsip ktp dan membuat laporan
prakerin.
|
22 Juli 2016
|
61
|
Menyetempel
logo,hari/tanggal,no.pinjaman pada promise,mengarsip ktp,membuat laporan
prakerin dan menempel pengeluaran.
|
23 Juli 2016
|
62
|
Melayani nasabah,menulis
pernyataan,memasukan data angsuran ke buku angsuran dan menulis pelunasan dan
pinjaman baru.
|
25 Juli 2016
|
63
|
Menyetempel slip angsuran,melayani
nasabah,membantu petugasdi bagian angsuran,memasukan data angsuran ke buku
angsuran.
|
26 Juli 2016
|
64
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran,menulis pelunasan pinjaman pada buku distribusi,membantu PDL tutup
buku.
|
27 Juli 2016
|
65
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran,menulis pelunasan pinjaman pada buku distribusi dan pinjaman
baru,membantu PDL tutup buku.
|
28 Juli 2016
|
66
|
Menyetempel slip angsuran,melayani
nasabah,membantu petugasdi bagian angsuran dan menulis pelunasan dan pinjaman
baru.
|
29 Juli 2016
|
67
|
Membuat laporan prakerin,membantu
petugas di bagian angsuran dan menulis pelunasan pinjaman.
|
30 Juli 2016
|
68
|
Memasukan tabungan anggota ke buku
kwarto,menyetempel kwarto ( pengeluaran),mengarsip kltp,memasukan data
pinjaman ke buku angsuran,menulis rekap.
|
1
Agustus 2016
|
69
|
Memasukan tabungan anggota ke buku
kwarto,menyetempel kwarto (pelunasan),mengarsip ktp,menulis anggota baru.
|
2
Agustus 2016
|
70
|
Memasukan tabungan anggota ke buku
kwarto,menyetempel kwarto (pelunasan),mengarsip ktp dan memasukan data
pinjaman ke buku angsuran.
|
3
Agustus 2016
|
71
|
Memasukan tabungan anggota ke buku kwarto,menyetempel
kwarto (pelunasan),mengarsip ktp dan memasukan data pinjaman ke buku angsuran
dan membuat laporan prakerin.
|
4
Agustus 2016
|
72
|
Memasukan tabungan anggota ke buku
kwarto,menyetempel kwarto (pelunasan),mengarsip ktp dan memasukan data pinjaman
ke buku angsuran dan membuat laporan prakerin.
|
5
Agustus 2016
|
73
|
Memasukan tabungan anggota ke buku
kwarto,menyetempel kwarto (pelunasan),mengarsip ktp dan memasukan data
pinjaman ke buku angsuran dan membuat laporan prakerin.
|
6
Agustus 2016
|
74
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran,menulis pinjaman baru dan pelunasan pinjaman dan melayani pengajuan
pinjaman.
|
8
Agustus 2016
|
75
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran,menulis pinjaman baru dan pelunasan pinjaman dan melayani pengajuan
pinjaman
|
9
Agustus 2016
|
76
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran,menulis pinjaman baru dan pelunasan pinjaman dan melayani pengajuan
pinjaman,menulis data angsuran ke buku angsuran dan membuat laporan prakerin.
|
10
Agustus 2016
|
77
|
Melayani nasabah yang melakukan angsuran,menulis
pinjaman baru dan pelunasan pinjaman dan melayani pengajuan
pinjaman,memasukan data angsuran ke buku angsuran dan membuat laporan
prakerin.
|
11
Agustus 2016
|
78
|
Melayani nasabah yang melakukan
angsuran,menulis pelunasan pinjaman
dan melayani pengajuan pinjaman dan membuat laporan prakerin.
|
12
Agustus 2016
|
79
|
Membuat laporan prakerin.
|
13
Agustus 2016
|
Menulis
pinjaman baru
Menulis
pernyataan jaminan belum atas nama sendiri.
Membantu
bagian rekap di mingguan
Membantu
admin II di Mingguan
Membantu
Admin I di Mingguan
Membantu
bagian pinjaman di Mingguan
Menyiapakan
dokumen pinjaman
Kegiatan
rutinitas do’a pagi
Penyerahan
kenang-kenangan saat pelepasan pkl
FOLLOW IN HERE KLIK NOW
BalasHapusRental Mobil Jakarta Selatan
Rental Mobil Jakarta
Rental Mobil Innova Jakarta
Rental Mobil Innova Jakarta Selatan
stik golf murah
grosir jilbab murah purbalingga
grosir jilbab tanah abang
grosir jilbab Murah cirebon
mesin kangen
mesin kangen water
kangen water
enagic kangen water
harga mesin kangen water
harga mesin kangen water asli
air kangen water
kangen water cirebon
----------------Parfum mobil badan Aroma Kopi ,Buah dan lain''-------------------
kopi bali
parfum mobil kopi bali
parfum kopi bali
parfum badan aroma kopi
parfum mobil aroma kopi
parfum mobil koke
parfum koke
parfum aroma kopi
koke
parfum badan koke
----------------Kopi Aceh-----------------------------------
kopi aceh
parfum mobil kopi aceh
parfum kopi aceh
parfum badan aroma kopi
parfum mobil aroma kopi
parfum mobil koke
parfum koke
parfum aroma kopi
koke
parfum badan koke
http://kopiacehofficial.com/
http://kopibaliofficial.com
http://www.mesinkangen.co.id
Don'T forget Smile To day ^_^
Merkur Futur Adjustable Safety Razor - XN - OC80B910a26eepc81il5g
BalasHapusMerkur Futur Adjustable Safety Razor - XN - OC80B910a26eepc81il5g.Online: Merkur 카지노 Futur Adjustable 메리트 카지노 쿠폰 Safety Razor, Chrome 카지노사이트 Plated - $54.95.
Situs Judi Slot Online Gacor Terpercaya Indonesia - Airjordan3
BalasHapusSitus judi air jordan 18 retro men red shop slot online gacor terpercaya Indonesia. Bandar 포커 족보 순위 judi online slot gacor air jordan 18 retro varsity red online store deposit pulsa find air jordan 18 retro yellow tanpa potongan dan mainkan jackpot deposit via pulsa air jordan 18 retro men red to good site tanpa